Setelah Digugat 1,5 M Ketua PA Sumemep Terancam Dilaporkan ke Komisi Yudisial RI INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Setelah Digugat 1,5 M Ketua PA Sumemep Terancam Dilaporkan ke Komisi Yudisial RI

Setelah Digugat 1,5 M Ketua PA Sumemep Terancam Dilaporkan ke Komisi Yudisial RI

Ditulis Oleh redaksi Jumat, 11 September 2015 | 11.20

SUMENEP - INDEPNEWS.Com : Polemik antara Ketua Pengadilan Agama (PA) Sumenep dengan Ach. Supyadi sebagai salah satu advokat di Sumenep terus berlanjut. Supyadi tidak hanya menggugat Ketua PA Sumenep yang didaftarkan ke PN Sumenep dengan gugatan ganti rugi 1,5M, tetapi Supyadi melalui Kuasa Hukumnya di Kantor Hukum Insan Pecinta Bungkarno yang berkantor di Sidoarjo juga telah melayangkan somasi (peringatan) ke ketua PA Sumenep pada hari Kamis 10 September 2015. 

Dalam somasinya, supyadi menekankan agar ketua PA Sumenep mencabut atau mengklarifikasi secara tertulis mengenai isi Surat Ketua PA Sumenep No. W.13-A32/0196/Hk.05/I/2015 tertanggal 14 Januari 2015 yg isinya adalah mensyaratkan advokat yg akan beracara wajib melampirkan Berita Acara Sumpah (BAS) Keputusan Pengadilan Tinggi (KPT). 

Dalam somasi yang dilayangkan Kuasa Hukum Supyadi dari Kantor Hukum Pencinta Bungkarno memberikan kesempatan waktu selama 14 hari kepada Ketua PA Sumenep untuk mencabut atau mengklarifikasi secara tertulis, dalam ancaman somasinya, kuasa hukum Supyadi menyatakan akan melaporkan Ketua PA Sumenep ke Komisi Yudisial RI jika dalam waktu yang ditentukan yakni 14 hari Ketua PA Sumenep tidak memenuhi isi somasi tersebut.

"Jika dalam waktu 14 hari sejak Somasi ini diterima Ketua PA tidak memenuhi isi somasi ini maka kuasa hukum saya akan melaporkan ketua PA ke KY", tulis Supyadi di twitternya @adv_supyadi tertanggal 10 September 2015, jam 15.37 WIB. 

Sementara Ketua PA Sumenep yang dikonfirmasi melalui Kuasa Hukumnya Jamaluddin menjelaskan bahwa sikap Ketua PA Sumenep telah benar karena beracuan pada SEMA 089 dan SEMA 052 yg memang mewajibkan setiap Pengacara yang akan bersidang harus menyertakan Berita Acara Sumpah dari KPT. 

"SEMA itu yang jadi acuan" ungkapnya. Sebelumnya Ach Supyadi telah mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Sumenep dengan nilai gugatan 1,5M terhadap ketua PA Sumenep, gugatan itu diajukan Supyadi pada hari Kamis 20 Agustus 2015 lantaran ia merasa dirugikan oleh Sikap Ketua PA Sumenep yang melarang Supyadi sebagai advokat beracara, Supyadi beracuan pada putusan MK 101 yang secara aturan lebih tinggi dari SEMA 089 dan SEMA 052. 

"Putusan MK 101 itu setara dengan undang - undang dan memperbolehkan saya beracara, soal BAS KPT itu tidak wajib sebagaimana putusan MK itu, karena inkonstitusional, tetapi Ketua PA Sumenep tidak mematuhi aturan itu, Ketua PA lebih patuh pada SEMA yang notabenenya bukan suatu ketetapan hukum" ungkap Supyadi. (SA)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved