PAHAM : Tagih Janji Jokowi Untuk Palestina di KAA INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » PAHAM : Tagih Janji Jokowi Untuk Palestina di KAA

PAHAM : Tagih Janji Jokowi Untuk Palestina di KAA

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 22 April 2015 | 15.48

JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Sekjend PAHAM Indonesia, Rozaq Asyhari mengingatkan dan menagih janji kampanye Jokowi untuk kemerdekaan Palestina. Janji untuk mendukung kemerdekaan Palestina pernah disampaikan dalam Debat Capres putaran ketiga pada 22 Juni 2014. 

"Dulu Pak Jokowi yang menyampaikan janji sendiri saat debat capres, katanya akan mendukung penuh Palestina menjadi negara merdeka dan mendukung penuh Palestina menjadi anggota penuh Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Nah, sekarang saatnya merealisaikan dukungan tersebut di KAA. Ini adalah moment yang tepat dan akan sulit terulang", papar kandidat doktor Universitas Indonesia tersebut, (22/4).

Menurut Rozaq Asyhari, memperingati KAA merupakan salah satu peneguhan dari nilai-nilai dasa sila Bandung. "Dasa sila Bandung itu menentang segala bentuk pendudukan dan penjajahan, dalam butir kedua dikatakan menghormati kedaulatan dan integritas teritorial semua bangsa. Ini seharusnya juga berlaku untuk Palestina, bila Jokowi memang mendukung kemerdekaan Palestina, sekarang saatnya mengkonsolidasikan dukungan peserta KAA untuk kemerdekaan Palestina", papar pengacara Publik di PAHAM Indonesia tersebut.

Penderitaan rakyat Palestina yang sudah puluhan tahun harus disudahi. Barikade dan pemblokiran di Palestina sama saja menjadikan negara tersebut sebagai penjara terbesar di dunia. "Kondisi tersebut bertentangan dengan butir ketujuh dasa sila bandung, yaitu tidak melakukan tindakan-tindakan ataupun ancaman agresi maupun penggunaan kekerasan terhadap integritas wilayah maupun kemerdekaan politik suatu negara. Perlu diingat pula, bahwa Palestina adalah negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia, jadi bila sekarang Jokowi memperjuangkan kemerdekaan Palestina, hal ini akan membayar dua hutang sekaligus. Pertama hutang atas janji Jokowi saat menjadi capres, dan kedua hutang saat Palestina sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia". pungkas aktifis HAM tersebut. (RA)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved