Masyarakat Solor Berterimakasih Pada Program Pamsimas INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Masyarakat Solor Berterimakasih Pada Program Pamsimas

Masyarakat Solor Berterimakasih Pada Program Pamsimas

Ditulis Oleh redaksi Kamis, 02 April 2015 | 12.59

Arif Jayadi dan Sahwito (Andi Nuryadi)
BONDOWOSO - INDEPNEWS.Com : Pamsimas adalah kegiatan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat yang dananya berasal dari kontribusi masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah pusat dan Bank Dunia. Kegiatan ini didukung oleh Departemen Pekerjaan Umum sebagai executing agency bersama dengan Departemen Dalam Negeri dan Departemen Kesehatan.

Ada sepuluh desa yang mendapat program Pamsimas 2014 di kabupaten Bondowoso diantaranya Desa Solor Kecamatan Cermee, Desa Wonosari Kecamatan Grujugan , Desa Kerang Kecamatan Sukosari yang mendapat program Pamsimas dari dana APBN sedangkan dua desa yaitu Kupang Kecamatan Curahdami dan Sumberanyar Kecamatan Jambesari Darussholah mendapat Program ini dari dana APBD.

Program ini di Desa Solor  dilaksanakan oleh KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) Tirto Solor Indah dengan ketua Arif Jayadi dan Satlak adalah Sarwito. Sedangkan ketua panitia lelang Fauzul Muttakim.

Sebelum pelaksanaan dimulai pengadaan barang dan jasa  diadakan lelang sederhana di Desa Solor yang dimenangkan oleh U.D. Desantara milik Andri Mustafa dari Desa Rambankulon Kecamatan Cermee , Bondowoso dengan harga Rp.62.500.000,-  untuk pipa / paralon 3” dengan panjang 200 meter dan Rp.45.500.000,- untuk pipa / paralon 2” dengan panjang 2.178 meter. Sedangkan KKM Tirto Solor Indah mendapatkan dana dari APBN sebesar 236 juta, sumbangan dari masyarakat atau In Cash Rp.11,800.000,- dan In Kind untuk HOK dan lain-lain sebesar Rp.47.200.000,-

Menurut Jayadi lelang sederhana itu cukup efisien dan dimenangkan oleh peserta lelang lokal yang juga ikut membantu pembelian  water meter sedangkan enam desa lainnya seperti Desa Sucolor, Kabuaran, Banyuwuluh dan lainnya, lelang pengadaan barang dan jasa dimenangkan oleh satu CV, dari Denpasar, Bali .”

Menurut Alun Dulkaidi,  ketua pendamping Pamsimas di Bondowoso mengatakan, ”siapapun bisa menjadi peserta lelang baik itu dari Bondowoso atau luar kota maupun luar pulau bahkan penunjukan langsung juga diperbolehkan.

Di Desa Solor sudah terpasang saluran air bersih atau air minum  sebanyak 99 KK (Kepela Keluarga) di Dusun Tenggina, 49 KK di Dusun Penang dan 90 KK di Dusun Pelalangan, Dan masyarakat setempat bersyukur dengan adanya program ini yang sebelumnya air minum ataupun untuk mandi dan lain-lain harus beli dengan cukup mahal dan sekarang tinggal buka kran air di rumahnya masing-masing.

”Semula orang atau masyarakat disini kurang yakin dengan program ini akan berhasil ternyata sekarang mereka berbalik merasa senang dengan berhasilnya program ini di desa kami dengan mengambil atau menyalurkan air dari Sumber Penang.” Cetus Jayadi.

”Program pemberdayaan di Desa Solor ini cukup baik setelah saya monitoring kesana kira-kira sebulan yang lalu. ” kata Puspo Pranoto , ketua Pakem (Panitia Kemitraan) Program Pamsimas ini. Ketika kami mendatangi Belly Dwi Susanto selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitment) program ini di kantornya, beliau sedang keluar.

Sampai berita ini ditulis (31/3) lalu dari sepuluh KKM yang mendapat progam Pamsimas yang pertama kali di Jawa Timur ini hanya tiga KKM sudah melakukan MDST (Musyawarah Desa Serah Terima) yaitu Desa Solor, ketua KKM Arif Jayadi, Desa Wonosari  Ketua KKM Zainul Arifin dan Ustiono ketua KKM Desa Kabuaran. (Andi Nuryadi)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved