Serukan Perdamaian Dunia Melalui Women Power INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Serukan Perdamaian Dunia Melalui Women Power

Serukan Perdamaian Dunia Melalui Women Power

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 18 Maret 2015 | 07.06

JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Saat ini upaya untuk membangun kesadaran akan pentingnya perdamaian banyak digiatkan baik oleh individu maupun organisasi. Perdamaian sendiri sebenarnya juga telah menjadi tujuan beberapa negara termasuk Indonesia. Ini tertuang dalam janji konstitusi Indonesia yang tertera pada pembukaan Undang-Undang Dasar ‘45 yakni, menuju perdamaian abadi.

Landasan ini yang menjadikan Indonesia Youth Forum (IYF) bersama dengan International Women Peace Group (IWPG) dan Heavenly Culture, World Peace, Resoration of Light (HPWL), yang berasal dari Korea, giat menyerukan perdamaian bersama di kalangan kaum muda dan para wanita Indonesia selama 5 hari, 8-13 Maret 2015. Ketiga organisasi ini bersinergi dan bekerjasama mengampanyekan perdamaian kepada individu dan organisasi-organisasi kepemudaan dan kewanitaan di Indonesia.

Sebagai organisasi yang memiliki fokus tentang perdamaian dunia, seruan aktif perdamaian yang mereka kampanyekan dibuktikan dengan langkah konkrit dengan mengajak menandatangani pakta kesepahaman perdamaian (peace agreement) untuk menolak perang dan mencegah perang kembali terjadi.

Berbeda dari kampanye-kampanye yang telah ada, seruan damai ini menitikberatkan pada kekuatan perempuan yang selama ini belum banyak dilibatkan. IWPG menyebutnya dengan “women power” atau kekuatan perempuan yang melambangkan kelembutan dan perdamaian. Melalui kesepahaman ini, IYF, IWPG dan HPWL mengajak perempuan seluruh dunia untuk bersama menolak perang dan mendukung perdamaian. Baik IYF, IWPG dan HPWL melihat bahwa di dalam peperangan dan segala jenis konflik yang terjadi di dunia ini, wanita, anak-anak, kaum disabilitas, dan orang tua selalu menjadi korban dari perang yang terjadi dengan mengatasnamakan kepentingan nasional.

Dalam kampanyenya, Director of Public Affairs IYF Habibi Fahmi Ameer, bersama dengan Advisor IYF Isidora Happy, Team Leader Jeonbuk Regional Liaison IWPG Mrs. Seo Young Moon dan Regionl Manager Press and Media Liaison Team Jeonbuk Branch HWPL Ms. Breeana Juhye Jeong, berkunjung, mengadakan diskusi dan menandatangani peace group agreement ke banyak organisasi kepemudaan dan juga kewanitaan Indonesia serta media nasional di Jakarta. Di antaranya, Pusat Studi Gender dan Anak UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, KOPRI PB PMII, PP IPM Muhammadiyah, Senat Mahasiswa dan Womens Club Universitas Paramadina Jakarta, International Institute of Hadist Darussunnah Indonesia dan Kantor Berita REPUBLIKA.

Pakta kesepahaman perdamaian yang telah dikumpulkan di Indonesia nantinya akan dikumpulkan dan diakumulasi dengan pakta kesepahaman yang juga dikumpulkan di negara lain. IWPG dan HWPL sudah merencanakan nantinya ini akan di serahkan ke Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) sebagai sebuah rekomendasi dengan harapan bahwa PBB mampu mengeluarkan regulasi yang menyatakan perang adalah suatu hal yang illegal, karena dipandang hanya merugikan bagi suatu negara baik dalam segi sosial, ekonomi dan politik.

Seperti halnya yang di ungkapkan oleh Amizar Isma selaku Direktur Eksekutif IYF, “Dalam perang, tidak ada pihak yang menang atau yang kalah. Namun, yang ada hanya pihak yang hancur atau sangat hancur dengan mengorbankan segala bentuk kemanusiaan.”

Kegiatan menyuarakan perdamaian oleh IWPG, HWPL, dan IYF tidak hanya aktif di Indonesia, namun juga di negara-negara Asia Pasifik. Sebagai negara pertama yang menjadi tujuan kerjasama, Indonesia melalui IYF dianggap mampu mengajak dan mendukung aksi perdamaian melalui kegiatan-kegiatan positif dan membangun negara dengan landasan pemuda dan perdamaian.

“Indonesia adalah negara pertama yang saya kunjungi untuk program ini setelah launching melalui International Peace Conference di Korea, September tahun lalu. IYF menjadi salah satu delegasi dan representasi Indonesia dan secara resmi menjadi organisasi yang berafiliasi dengan kami. Terimakasih untuk kerjasama, semangat dan segala kebaikannya dalam kunjungan ini. Setelah ini saya akan melanjutkan ke Kamboja.” tutur Seo Young Moon.

“Kami juga sangat mengapresiasi program perdamaian ini. Melalui IYF, sebagai organisasi kepemudaan Indonesia yang resmi berafiliasi dengan IWPG dan HWPL, kami akan terus terus mendukung dan bekerjasama agar terciptanya perdamaian melalui program-program mendatang. Suatu kebanggaan bagi kami, sebagai perwakilan Indonesia untuk mewujudkan perdamaian dunia.” tambah Amizar. (Habibi Fahmi Ameer/Rida Fauzia Qinvi)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved