Jemaah Umrah Gratis dari Batu Pindah ke Surabaya? INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Jemaah Umrah Gratis dari Batu Pindah ke Surabaya?

Jemaah Umrah Gratis dari Batu Pindah ke Surabaya?

Ditulis Oleh redaksi Kamis, 19 Maret 2015 | 22.29

Suasana Umroh di Makkah (detik)
BATU - INDEPNEWS.Com : Jemaah umrah gratis di Kota Batu telah meninggalkan Vila Kalendra, Songgoriti, Kamis, 19 Maret 2015. Sebanyak 260 orang yang berasal dari Mesuji, Tulangbawang, Temanggung, Makassar, dan sejumlah kota di Jawa Timur itu tak ada lagi di sembilan unit vila di lereng Gunung Arjuna itu.

"Mereka meninggalkan vila sejak dinihari sampai siang tadi," kata juru bicara Kepolisian Resor Batu, Ajun Komisaris Waluyo, Kamis, 19 Maret 2015.

Mereka diam-diam meninggalkan vila menumpang mobil pribadi. Sebagian diantar ke terminal untuk menumpang angkutan umum. Waluyo menduga jemaah itu bergeser ke Surabaya. Sebelumnya, mereka berpindah-pindah dari hotel ke hotel sebelum singgah di vila di Batu.

Mereka yang pergi termasuk pemimpin jemaah, Agus Santoso, asal Lumajang. Pengelola Vila Kalendra, Kartono, menjelaskan, Agus tak berpamitan hendak pulang. Dia menduga Agus pulang ke Jakarta untuk menemui Muhammad Eddy alias Antonius Salim, pengusaha perkebunan sawit yang mualaf dan berjanji membiayai umrah gratis. "Pak Agus pamitan beli makanan, tapi tak kembali," katanya.

Namun, Kartono memastikan, seluruh biaya penginapan di vila telah dibayar lunas. Jemaah menginap dua malam dan menyewa sembilan unit vila. Masing-masing vila memiliki dua-tiga kamar dengan tarif Rp 700-800 ribu per kamar.

Selama di vila, mereka tak melakukan aktivitas keagamaan. Mereka hanya terlihat duduk santai dan mengobrol. Sejumlah petugas kepolisian, kata dia, hanya mendatangi jemaah dan meminta keterangan Agus. "Saya tak pernah dipanggil polisi maupun dimintai keterangan," ujarnya.

Anggota jemaah, kata dia, memiliki latar belakang berbeda, dari guru, pegawai negeri sipil, dan petani. Bahkan sejumlah jemaah mengaku pensiunan perwira tinggi Angkatan Darat berpangkat brigadir jenderal. (Eko Widianto/Tempo.co/inc)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved