Ronny Hermawan Galang Petisi Tolak Pilkada Oleh DPRD INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Ronny Hermawan Galang Petisi Tolak Pilkada Oleh DPRD

Ronny Hermawan Galang Petisi Tolak Pilkada Oleh DPRD

Ditulis Oleh redaksi Selasa, 16 September 2014 | 11.39

BEKASI - INDEPNEWS.Com : Angota DPRD Kota Bekasi Ronny Herwaman, bentangkan Petisi sebagai bentuk tolak RUU Pilkada, yakni pemilihan kepala daerah dipilih oleh DPRD setempat sebaliknya mendukung untuk pemilihan oleh rakyat secara nyata, langsung di atas kain putih di depan mall Giant Bekasi, Selasa (16/9).

Ronny menjelaskan, langkah tersebut sebagai wujud nyata penolakannya terhadap RUU Pilkada tersebut. “Jadi ini meminta petisi kepada warga, masyarakat agar memahami tentang RUU pilkada, yang sedang dirancang itu,” ucapnya kepada reporter Independent News.

Kain putih sepanjang 2×2 meter itu dibentangkan di depan mall, sesekali Ronny beserta tim-nya berkeliling dan meminta petisi warga. Tidak jarang Ronny pun turut memberikan pemahaman kepada warga yang masih bertanya-tanya soal petisi tersebut.

“Saya jelaskan dengan sederhana, misalnya kayak tadi ada seorang ibu-ibu, saya bilang ‘Ibu mau kepala daerah dipilih langsung atau dipilih sama DPRD’, dia jawab ‘ooh langsung dong’, kalau begitu ibu tolong tandatangan kain ini”,” terang Ronny mengutip dialognya bersama salah seorang warga.

Petisi tersebut rencananya akan terus digalang sampai tanggal 25 September nanti.”Nanti ini akan dibawa ke Senayan (Gedung DPR RI,red),” tandas politisi Partai Demokrat Kota Bekasi itu.

Sebagaimana diketahui, Mendagri menyiapkan Rancangan Undang-undang (RUU) Pilkada. Dalam RUU tersebut ada 2 ketentuan baru, berbeda secara signfikan dari ketentuan UU No. 32/2004:

Pertama, pilkada hanya memilih gubernur dan bupati/walikota, sementara wakil gubernur dan wakil bupati/wakil walikota ditunjuk dari lingkungan PNS.

Kedua, gubernur  tidak lagi dipilih langsung oleh rakyat, melainkan oleh DPRD provinsi. (berbagai sumber). (une)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved