Pengamat: PAN dan PKS Bukan Lagi Partai Reformis INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Pengamat: PAN dan PKS Bukan Lagi Partai Reformis

Pengamat: PAN dan PKS Bukan Lagi Partai Reformis

Ditulis Oleh redaksi Sabtu, 27 September 2014 | 02.21

JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Direktur Eksekutif Pusat Kajian (Pusaka) Trisakti Fahmi Habsyi menilai PAN dan PKS sudah bukan lagi partai reformis karena telah menolak pilkada langsung pascakekalahan pasangan Prabowo-Hatta Rajasa pada Pilpres, 9 Juli 2014.

"Sikap PAN dan PKS yang tiba-tiba menolak pilkada langsung mencerminkan semangat reformasi yang diusung sebagai landasan pendirian partai tersebut Era 98 sebagai antitesis Golkar saat itu telah gugur dengan sendiri," kata Fahmi Habsyi di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan dengan menolak pilkada langsung dan mengembalikannya kepada pemilihan melalui DPRD sama saja mendukung apa yang telah dijalankan oleh Orde Baru diera Golkar zaman Suharto.

"Lain kata lain perbuatan ini sejarah terhitam pemerintahan saat ini dan tanda-tanda runtuhnya sebuah rezim dan dinastinya, sekaligus momen yang tepat buat PAN dan PKS jika ingin bubarkan diri untuk bergabung dengan Golkar karena hakekat reformasi yang diperjuangkan dahulu `dikubur` oleh ambisi jangka pendeknya," ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Fahmi teringat ketika Pak Amien pidato acara MARA (Majelis Amanat Rakyat) sebagai embrio PAN, begitu menggebu-gebu mendukung pilkada dan pilpres langsung dan menyatakan bahwa MARA akan perjuangankan agenda reformasi, namun hari ini Amien Rais sudah layak menjadi Ketua Golkar Baru jika PAN jadi merger dengan Golkar.

"Sebagai aktivis 98 dan kaum muda saya minta maaf karena telah salah ikut mendengarkan pidato Amien saat itu dan percaya omongan orang yang lebih tua," katanya.

Untuk itu, Fahmi mengimbau agar segala penyebutan Amien Rais sebagai tokoh reformasi sudah tak berlaku lagu dan tidak lagi tercatat dalam literatur sejarah Bangsa Indonesia. Ini semua demi kehormatan dan darah pahlawan reformasi korban tragedi Trisakti dan Semanggi. (ma/antara/inc)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved