KPK Harus Tangkal Politik Uang Pilkada oleh DPRD INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » KPK Harus Tangkal Politik Uang Pilkada oleh DPRD

KPK Harus Tangkal Politik Uang Pilkada oleh DPRD

Ditulis Oleh redaksi Minggu, 28 September 2014 | 00.35

Gedung KPK 
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Perdebatan seru dan hangat di gedung  DPR RI senayan, Kamis (25/09) tentang keputusan Undanag Undanag  pemilihan kepala daerah lansung atau lewat DPRD, akhirnya diputuskan  melalui voting tertbuka. 335 Orang setuju pemilihan lewat DPRD dan 226  orang setuju dengan pemilihan secara langsung. 

Dengan keputusan tersebut berdampak panjang bagi kelangsungan politik yang sebelumnya berlangsung. Imbasnya juga berpotensi terjadi transaksi politik haram yang memunculkan wacana pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi di setiap daerah.

“Perlu dipikirkan bagaimana supaya tidak terjadi kembali proses karantina di DPRD yang pernah terjadi di masa Orde Baru. Mengerikan transaksi politik di era tersebut, dan ini tidak boleh terulang lagi,” ungkap dosen ilmu politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Pangi Syarwi Chaniago. Sabtu (27/9).  

Ipang, panggilan akrap Pangi tidak menampik, baik pilkada langsung maupun pilkada via DPRD tetap berisiko terjadinya potensi politik uang. Ia pun punya pemikiran untuk membentuk lembaga anti koropsi sebagai upaya pencegahannya.

“KPK harus segera dibentuk di daerah, sementara staf kepegawaian dan administrasi kantor KPK bisa memakai fasilitas KPUD dan PNS KPUD untuk menjadi pegawai KPK,” cetus Ipang.

Alih fungsi fasilitas serta SDM di KPUD itu tercetus karena ia melihat perannya tidak terlihat lagi dan harus dibubarkan segera. Setidaknya, ujar Ipang, negara juga harus memikirkan nasib PNS KPUD.

“Ada kemungkinan kita kembali lagi pilkada langsung karena itu tadi pilkada lewat DPRD tetap saja transaksi money politics-nya tinggi,” ujar Ipang. (An/o5/)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved