Diprotes Warga, Penambangan Liar Berhenti INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Diprotes Warga, Penambangan Liar Berhenti

Diprotes Warga, Penambangan Liar Berhenti

Ditulis Oleh redaksi Kamis, 25 September 2014 | 16.57

BOYOLALI - INDEPNEWS.Com : Keberadaan penambangan liar di wilayah Kelurahan Keposong, Kecamatan Musuk, Boyolali belum lama ini menuai protes oleh warga sekitar penambangan. Pasalnya, warga masyarakat sekitar galian C (penambangan) merasa dirugikan oleh jalan rusak serta debu yang beterbagan sehingga warga sering mengalami batuk-batuk. 

Dari pantauan Indepnews.com dilokasi penambangan, penambangan liar tersebut telah berhenti. Namun, penambangan itu menyisakan kerusakan jalan dan galian sedalam 15 meter hingga 20 meter. Akibat galian C tersebut jalan menjadi berlubang dan bergelombang. Tidak hanya itu, alam juga ikut rusak. 

Saat akan dimintain keterangan terkait penambangan, Kepala Desa Keposong Tri Ismiati tidak memberikan keterangan sedikitpun. "Soal penambangan itu nantinya akan dikelola oleh orang lain, kami tidak mengelola lagi," ungkap Setiono suami dari Tri Ismiati (Kades) Keposong, belum lama ini. 

Dikatakan Setiono, penambangan tersebut sudah ada izin resmi dari Pemerintah Kabupaten Boyolali yang ditandatangi oleh Bupati dan sudah punya izin resmi izin dari Provinsi Jawa Tengah. 

"Ngurus izin penambangan itu memang sulit, setahun lebih baru bisa tapi penambangan itu memang bener-bener sudah ada. Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah melihat poto copynya kok," ujarnya. 

Terkait izin tersebut, pihaknya hanya memberikan keterangan tetapi tidak berani menunjukan izin resminya. "Sudah dianggarkan dari 10 rit disisihkan 1 rit untuk anggaran reklamasi lahan bekas penambangan," katanya.

Salah satu warga disekitar penambagan yang tidak mau disebut indentitasnya mengutarakan, penambangan ini jelas merusakan jalan dan alam. 

"Wah ini kalau digali terus menerus sebelah galian itu lama kelamaan akan longsor apalagi nanti pada musim penghujan. Kalau soal izin saya ndak tau," pungkasnya. (Joko Larsono)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved