Anda Mau Ekspor Batu Bara ? Tunggu Dulu ! INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Anda Mau Ekspor Batu Bara ? Tunggu Dulu !

Anda Mau Ekspor Batu Bara ? Tunggu Dulu !

Ditulis Oleh redaksi Jumat, 19 September 2014 | 06.12

Ilustrasi 
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Anda pengusaha batu bara? Dan akan mengekspor komoditas anda sebaiknya cek dulu peraturan baru terkait dengan batu bara.

Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan peraturan terbaru terkait dengan ekspor batubara. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah sesuai dengan SKEP Kemendag No.39 tahun 2014 ini adalah sebagai berikut Eksportir harus mendapatkan pengakuan senagai Eksportir Terdaftar (ET) melalui dirjen Perdagangan Luar Negeri. 

Namun sebelum menadapatkan pengakuan sebagai Eksportir terdaftar harus mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kementerian terkait yaitu Kementerian ESDM. Masa berlakunya pengakuan ET ini hanya Tiga tahun dan dapat diperpanjang.

Seperti yang dituturkan oleh Sutomo Asngadi, Consultant dan Executive Trainer Management Ekspor Impor ini, bahwa syarat - syarat pengajuannya adalah mengajukan surat permohonan, melampirkan fotokopi IUP Operasi Produksi, IUPK Operasi Produksi, dan penjualan atau IUP Operasi Produksi khusus untuk pengolahan dan pemurnian. 

Di sisi lain perusahaan juga perlu melampirkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP), yang direkomendasikan oleh Dirjen Minerba Kementerian ESDM.
Komoditas batubara yang diekspor wajib dilakukan verifikasi sebelum muat barang ke atas kapal dan ke dalam peti kemas. Peraturan ini berlaku sejak 1 September 2014. (Tom)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved