Kekuatan Jokowi Dinilai Terletak Pada Keberanian Ambil Keputusan INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Kekuatan Jokowi Dinilai Terletak Pada Keberanian Ambil Keputusan

Kekuatan Jokowi Dinilai Terletak Pada Keberanian Ambil Keputusan

Ditulis Oleh redaksi Selasa, 26 Agustus 2014 | 00.33

Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bakal dilantik pada 20 Oktober mendatang. Pengajar Fisipol Universitas Gajah Mada (UGM) Arie Sujito mengatakan, mencari sosok pemimpin seperti Jokowi tidaklah mudah.

Sebab, menurut dia, Jokowi adalah pemimpin yang memiliki prinsip kuat dan berani mengambil risiko untuk kepentingan rakyat banyak.

"Kekuatan Jokowi juga terletak pada bahwa dia punya prinsip. Ini model pemimpin yang sedang dibutuhkan bangsa ini saat banyak pemimpin yang tidak berani mengambil risiko dan kurang kuat dalam memang prinsip," kata Arie saat dihubungi, Jakarta, Senin (25/8).

Lebih lanjut, tambah dia, kekuatan Jokowi bukan hanya terletak pada diri Jokowi sendiri. Tetapi juga pada rakyat yang menghendaki pemimpin seperti itu.

Menurut Arie, keraguan sebagian pihak akan kemampuan presiden terpilih Jokowi dalam memimpin negara ini sulit ditemukan bukti-buktinya. Sebab, Jokowi memiliki deretan prestasi sejak ia menjabat sebagai Wali Kota Solo dan kemudian Gubernur DKI Jakarta.

"Namun kekuatan Jokowi menurut hemat saya terletak pada keberaniannya mengambil keputusan," tegasnya.

Selain itu, kata Arie, Jokowi juga merupakan tipe pemimpin yang selalu memastikan bahwa antara policy (kebijakan), rencana dan pelaksanaan harus sejalan. Blusukan yang sudah menjadi gaya khas kerja Jokowi itulah dianggapnya sebagai cara untuk memastikan bahwa apa yang direncanakan benar-benar dilaksanakan di lapangan.

"Dari blusukan itu juga Jokowi mendengarkan suara rakyat sebagai dasar menetapkan policy dan membuat rencana yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga apa yang direncanakan memang betul-betul yang dibutuhkan rakyat, bukan hanya yang diingini pemimpin," tandasnya. [ren/Muhammad Sholeh/Merdeka.com]
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved