Panwaslu, KPUD dan Satpol Kordinasi Penertiban APK Pilpres INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Panwaslu, KPUD dan Satpol Kordinasi Penertiban APK Pilpres

Panwaslu, KPUD dan Satpol Kordinasi Penertiban APK Pilpres

Ditulis Oleh redaksi Sabtu, 14 Juni 2014 | 06.15

SUKOHARJO - INDEPNEWS.Com : Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo mengimbau seluruh tim sukses calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) untuk tertib aturan dalam pemasangan alat peraga kampanye  (APK). Pasalnya, sejauh ini pemasangan APK banyak yang melanggar.

Terkait dengan itu, Satpol PP akan melakukan koordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilui (Panwaslu) dan Komisi Pemikihan Umum Daerah (KPUD). Hal itu dilakukan, agar pemasangan APK Pilpres dilalukan secara tertib, tanpa melanggar aturan. Rakor dimaksudkan untuk mencari solusi, dalam hal penertiban APK.

Kalau ada pemasangan APK, tidak sesuai aturan baik peraturan KPU maupun peraturan Bupati, maka petugas Satpol PP pun siap menindak manakala terjadi pelanggaran. Kepala Satpol PP Pemkab Sukoharjo mengatakan, pihaknya masih sebatas melakukan tindakan persuasif terkait adanya pelanggaran pemasangan atribut atau alat peraga kampanye Capres dan Cawapres. Ia meminta tim sukses memasang alat peraga tertib sesuai aturan.

“Kami harapkan tim sukses Capres dan Cawapres memasang APK di tempat yang diperbolehkan sesuai aturan. Jika melanggar tolong ditertibkan dulu atau dicopot. Kami lakukan pendekatan, agar mereka mencopot sendiri sebagai tindakan persuasif,” ujarnya.

Tindakan persuasif dilakukan Satpol PP sembari menunggu Peraturan Bupati (Perbup) sebagai dasar penguat mengiringi PKPU No 16 Tahun 2014 yang baru saja dikeluarkan KPU Pusat.

“Aturan KPU baru dikeluarkan. Kami baru menerima PKPU No 16 Tahun 2014 pekan ini. Kami sudah menggelar rapat dua kali bersama pihak-pihak terkait, yakni Panwas, KPU, bagian hukum dan Kesbang untuk menyusun Perbupnya sebagai penguat. Nanti seiring dilakukannya pendekatan persuasif hingga dikeluarkannya Perbup, kami segera langsung melakukan penertiban,” papar Sutarmo.

Beberapa area yang sementara ini diminta steril dari APK, di antaranya jembatan, rambu lalu lintas, fasilitas publik, pohon dan tiang listrik. Sementara kategori jalan protokol yang steril dari APK akan dicantumkan dalam Peraturan Bupati.

Terpisah, Panwaslu mengeglar rapat koordinasi pengawasan kampanye dan pemasangan APK, bersama seluruh ketua dan anggota Panwaslu Keamatan. Rakor di hotel Agas Solo, juga melibatkan seluruh Kapolsek se Polres Sukoharjo. Sebagai narasumber adalah komisioner KPUD Sukoharjo, Julinato Sudrajad, Ketua Panwaslu Sukoharjo, Subakti dan anggota Panwaslu, Muladi Wibowo. (Armin).
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved