Terancam Lahar Dingin, Puluhan Desa Diminta Waspada INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Terancam Lahar Dingin, Puluhan Desa Diminta Waspada

Terancam Lahar Dingin, Puluhan Desa Diminta Waspada

Ditulis Oleh redaksi Sabtu, 23 November 2013 | 09.23

Terlihat saat evakuasi warga yang terancam lahar dingin gunung Merapi (Sumanto) 
KLATEN - INDEPNEWS.Com : Pemkab Klaten melalui Badan Kesatu,” ujar Sri Winoto di Klaten, (23/11). Dalam surat tersebut, Kepala Badan PVMBG Surono merekomendasikan Pemkab Klaten agar memerintahkan penduduknya mengosongkan segala kegiatan di sekitar alur sungai Kali Woro. Ancaman bahaya lahar dingin adalah yang berada pada jarak 300 meter dari bantaran sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi.

Selain itu, masyarakat diminta agar tidak panik dengan informasi-informasi tak bertuan. “Tetap mengikuti arahan dari Pemkab Klaten karena kami selalu berkoordinasi dengan PVMBG yang mengerti benar kondisi sebenarnya,” jelas Sri Winoto, kemarin.

Sementara itu berdasarkan pemantauan instrumental dan visual, berkaitan dengan jumlah material sisa erupsi msih 100 juta meter kubik. Sehingga, jika terkena hujan deras terus menerus, bisa terbawa ke alur sungai menjadi banjir lahar dingin yang jangkauannya akan jauh.

Terpisah, Kades Talun Kecamatan Kemalang, Klaten Jumarno menginformasikan ada 125 jiwa yang berhunian kurang dari 300 meter bantaran Kali Woro. Kepada mereka, Jumarno meminta agar bersiap menyelamatkan diri apabila lahar dingin mendekat. “Ada 125 jiwa Dukuh Sidorejo, terutama di RT 12 kami minta bergeser ke tetangganya di lokasi aman apabila lahar dingin mendekat,” jelasnya, kemarin.

Untuk mengawalinya, pihaknya telah menerjunkan tim pengamat Kali Woro. Para petugas selalu menginformasikan kondisi terkini Kali Woro dan aliran lahar dinginnya. (Anto)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved