Ritual Sukuran Kirab Apem Sewu 2013 INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Ritual Sukuran Kirab Apem Sewu 2013

Ritual Sukuran Kirab Apem Sewu 2013

Ditulis Oleh redaksi Selasa, 12 November 2013 | 12.54

Tanpak peserta Kirab Apem Sewu
mengarak gunungan yang berisi kue apem 
SURAKARTA - INDEPNEWS.Com : Gunungan apem dikirab dalam rangka Kirab Apem Sewu yang merupakan ritual syukuran tahunan warga Kelurahan Kampung Sewu. Kirab Apem Sewu bertujuan untuk mengenalkan Kampung Sewu sebagai sentra produksi apem kepada masyarakat, Minggu (10/11).

Selain itu, untuk menghargai para pembuat apem yang ada di Sewu. Peserta Kirab Apem Sewu mengarak gunungan yang berisi kue apem dan sayuran hasil bumi di Jl. Gotong Royong, Sewu, Jebres, Solo.

Setelah dikirab gunungan apem diletakkan di lapangan untuk didoakan. Prosesi kirab apem sendiri dimulai setelah menunggu kedatangan peserta gethek festival. Mengingat Walikota, Wakil Walikota dan Ketua DPRD Kota Solo ikut dalam rombongan festival gethek Bengawan Solo.

Sesampai di tempuran mbeton, prosesi kirab apem sewu pun dimulai dengan sambutan ketua panitia. Usai sambutan, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Walikota. Namun warga yang sudah mengepung gunungan apem sudah tidak sabar lagi meraihnya.

Tanpa komando, beberapa gunungan pun diserbu habis oleh masyarakat. Tanpa ada sisa sedikitpun. Usai rebutan gunungan apem sewu, Walikota FX Hadi Rudyatmo kemudian melakukan sambutan. Dalam sambutannya, Walikota akan membuat kirab apem sewu lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. [ska]   
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved