PMI Segera Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Topan Haiyan Filipina INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » PMI Segera Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Topan Haiyan Filipina

PMI Segera Kirim Bantuan untuk Korban Bencana Topan Haiyan Filipina

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 13 November 2013 | 18.16

Mekanik bersama Pilot Helikopter Bolcow 105 milik Palang Merah Indonesia (PMI) sedang melakukan pengecekan di hangar ATS Sentul, Kabupaten Bogor Jawa Barat (rabu, 13/11). PMI akan mengerahkan 2 helikopter Bolcow-105 sebagai ambulance udara untuk mengevakuasi korban dan megangkut logistik dalam operasi kemanusiaan bagi korban bencana Badai Topan Haiyan di Filipina. [HA] 
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Ketua PMI Jusuf Kalla menghimbau masyarakat di Indonesia agar sama-sama membantu korban bencana Topan Haiyan, Filipina. Pasalnya bencana tersebut ternyata bukan main-main dampaknya. Data terakhir yang dihimpun PMI menyebutkan sampai saat ini, sedikitnya 2700-an orang meninggal dan 2 juta warga kehilangan tempat tinggal.

Pilot bersama Mekanik Helikopter Bolcow 105 milik
Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan test Flight
Hal itu diungkapkan Farid Husein dalam konferensi pers di PMI Rabu (13/11). Saat ini, jelas Farid, PMI melalui ketuanya Jusuf Kalla terus berkomunikasi dengan ketua Red Cross Filipina di Sydney Australia.

Dalam penjelasannya, Farid mengatakan bahwa PMI kini telah siap mengirimkan bantuannya baik makanan, obat-obatan, peralatan medis dan sekaligus tenaganya.

Bantuan makanan dan non makanannya total 50 ton yang senilai 2,8 miliar. Bantuan itu terdiri dari peralatan kebersihan 2.000 buah, 2.000 lembar selimut, 1.000 tenda, 10.000 mie instan 9 personil kesehatan, mobil klinik.

Nantinya, jika dibutuhkan jelas Farid, PMI juga juga akan mengirimkan rumah sakit lapangan. Rafiuddin Hamarung ketua markas PMI menjelaskan bahwa tenaga medis dan relawan segera dikirmkan ke Filipina.

“Nanti akan juga dikirim 6 spsialis sanitasi akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur. Direncanakan juga 50-an relawan, namun masih menunggu dari tim pendahuluan malam ini. Sudah ada 3 orang dari tim pendahuluan yang akan dipimpin Tya Kurniawan,” papar Rafiuddin.

Lebih lanjut, PMI akan juga mengirimkan 10 unit tangki air, 2 helikopter, 2 mobil amphibi. Semua bantuan akan diberangkatkan tgl 19 ini dengan kapal roro bantuan dari ketua PMI Pusat Jusuf Kalla.

Rafiuddin menambahkan bahwa PMI akan melakukan aksi tanggap darurat untuk beberapa waktu.

“Nanti tanggap darurat 3 minggu sampai 2 bulan. Tapi semua tergantung PMI di (Filipina) sana,” jelas Farid.

Ketua bidang kesehatan dan bantuan sosial ini menjelaskan bahwa akan ada beberapa proses yang dilakukan PMI sebelum benar-benar membantu korban Topan Haiyan.

“Tanggal 13 November tim assesment berangkat ke Filipina, tanggal 14 terima informasi mereka, dan tanggal 18 semua bantuan naik ke kapal. Nanti tgl 19 kita berangkat.” Jelas Farid.

Saat ini PMI terus berkoordinasi dengan Red Cross Filipina tentang aturan main di sana. Beberapa yang menjadi perhatian PMI adalah cara bekendara di sana dan juga izin terbang helikopter. Soal penempatan tenaga dan bantuan, PMI juga menyerahkan semuanya pada arahan Red Cross Filipina. [HA] 

Bagi warga Indonesia yang bergerak hatinya untuk menyumbang dan membantu korban, Rafiuddin mengatakan bahwa PMI meberikan 3 rekening berbeda untuk menyalurkannya yakni :

1. Bank BCA, KCU Thamrin Jakarta, Nomor Rekening 206.300668.8, atas nama Kantor Pusat PMI. Swift Code: C E N A I D J A

2. Bank Mandiri, KCP JKT Krakatau Steel, Nomor Rekening: 070-00-0011601-7, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B M R I I D J A

3. BRI, KC Pancoran, Jakarta, Nomor Rekening: 0390-01-000030-30-3, atas nama Palang Merah Indonesia. Swift Code: B R I N I D J A

Dan bisa menghubungi Humas PMI di +62.21.7992325 email : pmi@pmi.or.id
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved