Museum Radyapustaka Lakukan Jamasan INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Museum Radyapustaka Lakukan Jamasan

Museum Radyapustaka Lakukan Jamasan

Ditulis Oleh redaksi Senin, 04 November 2013 | 16.19

Prosesi jamasan benda-benda peninggalan masa lalu yang berujud senjata,
yang dilakukan Museum Radyapustaka. (Foto: Zaenal Huda) 
SOLO - INDEPNEWS.Com : Menjelang perayaan 1 Suro, segenap pengurus Komite Musem Radyapustaka menjamasi sekitar lima puluhan senjata peninggalan masa lalu. Prosesi jamasan sendiri berlangsung dengan khidmat di tengah bangunan gedung Museum Radyapustaka yang dilakukan renovasi. Terutama bangunan bagian belakang yang selama ini berfungsi sebagai kantor museum.

Ketua Komite Museum Radyapustaka Purnomo Subagyo, Senin (4/11) siang tadi mengatakan, acara jamasan merupakan tradisi tahunan yang selalu digelar tiap tahun di Museum Radyapustaka menjelang Perayaan 1 Sura nanti. “Dan kebetulan, kami menemukan sejumlah benda-benda peninggalan masa lalu, yang masih tersimpan di dalam koper berjumlah sekitar 50 an,” jelasnya.

Kelima puluh senjata itu kata Purnomo, ada yang berujud keris, mata tombak, cundrik, kujang, pisau, dwisula,  pedang dan lain sebagainya. Saat ditemukan petugas benda-benda kuna itu tersimpan di dalam kotak dengan kondisi berdebu dan berkarat. Namun pamornya masih kelihatan dengan jelas.

Prosesi jamasan sendiri sebelumnya didahului dengan doa oleh para tukang jamas yang berjumlah delapan orang, dipimpin seniman Lawu Warto. Usai melakukan doa ritual lengkap dengan sesajen lantas dilakukan penjamasan di halaman samping museum. Selanjutnya benda-benda peninggalan masa lalu itu, nantinya akan direndam di dalam air kelapa hingga tanggal 19 November mendatang. (Nal)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved