KPU dan Bawaslu Dinilai Memboroskan Anggaran INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » KPU dan Bawaslu Dinilai Memboroskan Anggaran

KPU dan Bawaslu Dinilai Memboroskan Anggaran

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 13 November 2013 | 15.21

JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dinilai memboroskan anggaran. Selang beberapa hari terkuak pembelian mobil untuk pimpinan Bawaslu, pimpinan KPU diketahui melakukan perjalanan ke 10 negara dengan dalih sosialisasi ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Koordinator Komite Pemilih Indonesia Jeirry Sumampouw dalam konfrensi pers ‘Menuntut Transparansi dan Akuntabilitas Anggaran Penyelenggara Pemilu’, di Jakarta Selasa (12/11), mengatakan, untuk mengunjungi 10 negara, pimpinan KPU diperkirakan menghabiskan anggaran sekitar Rp 2 miliar. Adapun Bawaslu untuk membeli 4 unit mobil baru menggelontorkan biaya sekitar Rp1,6 miliar.

Besarnya biaya itu berdasarkan pengolahan data yang dilakukan Indonesia Budget Center (IBC). Menurut peneliti IBC Roy Salam, anggaran tersebut merupakan estimasi yang mengacu pada Peraturan Kementerian Keuangan Nomor 37 Tahun 2012 tentang standar biaya APBN 2013. Item yang dimasukkan mencakup biaya tiket pergi-pulang untuk dua orang per negara, uang harian, dan uang representasi.

Pimpinan KPU melakukan kunjungan ke 10 kota di 10 negara selama 15 hari. Kota tersebut adalah Mexico City (Meksiko), Los Angeles (AS), Nairobi (Kenya), Rabat (Maroko), Madrid (Spanyol), Den Haag (Belanda), Bangkok (Thailand), Sydney (Australia), Moskow (Rusia), dan Tokyo (Jepang).

Direktur Eksekutif IBC Arif Nur Alam menyatakan penyelenggaraan Pemilu 2014 berbiaya tinggi. Anggaran yang dikelola KPU dan Bawaslu selama ini tidak transparan, bahkan cenderung boros.

Berdasarkan rapat pembahasan RAPBN 2014, Komisi II DPR menyetujui anggaran Pemilu 2014 untuk KPU sebesar Rp15,4 triliun dan Bawaslu sebesar Rp 3, 2 triliun. [PNo250] 
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved