DPRD Sukoharjo Sepakati KUA - PPAS APBD 2014 INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » DPRD Sukoharjo Sepakati KUA - PPAS APBD 2014

DPRD Sukoharjo Sepakati KUA - PPAS APBD 2014

Ditulis Oleh redaksi Senin, 11 November 2013 | 06.44

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berjabat tangan dengan Wakill Ketua DPRD Jaka Wuryanto (Armin) 
Dana Aspirasi DPRD RP 15 Miliar Dan Bupati RP 5 Miliar
SUKOHARJO - INDEPNEWS.Com : Setelah melewati pembahasan alot dan memakan waktu cukup lama, DPRD Sukoharjo akhirnya menyepakati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun 2014. Awalnya, terjadi silang pendapat dan permasalahan cukup rumit terkait dengan masalah dana aspirasi.

Sambutan Bupati Sukoharjo saat rapat 
paripurna istimewa DPRD Sukoharjo [Armin] 
Semula, masalah dana aspirasi sempat menjadi ganjalan selama pembahasan KUA-PPAS, APBD Tahun 2014, Namun lewat proses pembahasan, masalah dana aspirasi akhirnya terpecahkan pada rapat Badan Anggaran (Banggar). Kesepakatan tentang besaran dana aspirasi ditetapkan, karena keterbatasan waktu, jelas Wakil Ketua DPRD, Jaka Wuryanta SH.

Menurut Jaka Wuryanta, pada akhir tahun anggaran 2013, Pemkab dan DPRD mempunyai tugas dan tanggungjawab berat. Agenda yang harus diselesaikan adalah membahas dan menetapkan KUA-PPAS, Agenda yang tidak kalah penting adalah pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Inisiatif.

Agenda yang sangat mendesak dan harus diselesaikan pada akhir tahun 2013, memang sangat banyak. Paling tidak ada sembilan program legislasi daerah (Prolegda) yang harus dibahas. Dari sembilan Prolegda tersebut, enam diantaranya harus sudah selesai, sementara yang tiga ditarget selesai awal tahun 2014.

Memang, awalnya dana aspirasi anggota DPRD sempat mengemuka dan jadi salah satu kendala pembahasan KUA-PPAS. Lewat pemahasan agak alot. Akhirnya DPRD menyepakati dana aspirasi  DPRD sebesar Rp 300 juta untuk setiap anggota, sementara untuk wakil ketua masing masing Rp 600 juta dan Ketua DPRD Rp 900 juta.  Sementara aspirasi untuk Bupati sebesar Rp 5 miliar atau mengalami kenaikan Rp 2 miliar.

Meski sudah disepakati, besaran dana aspirasi anggota DPRD masih akan dikomunikasikan dengan eksekutif. DPRD sangat berharap, dana aspirasi DPRD juga dinaikan seperti dana aspirasi Bupati. Pembahasan lebih lanjut dan lebih detail akan dilakukan pada pembahasan APBD Tahun angagran 2014.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sukoharjo, Suyanto SH kurang puas atas kesepakatan dana aspirasi anggota DPRD. Sampai saat ini, anggota DPRD masih tetap mengharapkan agar dana aspirasi dinaikan. Paling tidak aspirasi setiap anggota DPRD, dinaikan menjadi Rp 500 juta per orang.

Kalau aspirasi Bupati mengalami kenaikan cukup banyak, dari semula Rp 3 miliar menjad Rp 5 miliar atau naik Rp 2 miliar, tidak salah kalau DPRD juga minta naik. Permintaan kenaikan dana aspirasi DPRD, juga tidak banyak. Diharapkan, pada APBD tahun anggaran 2014 mendatang, dana aspirasi DPRD berubah lebih banyak, papar Suryanto. (Armin)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved