Sebanyak 4,5 Juta Pemilih Luar Negeri Tidak Terdaftar INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Sebanyak 4,5 Juta Pemilih Luar Negeri Tidak Terdaftar

Sebanyak 4,5 Juta Pemilih Luar Negeri Tidak Terdaftar

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 23 Oktober 2013 | 10.20

Kantor KPU Pusat 
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Sekitar 60% atau 4,5 juta warga negara Indonesia di luar negeri yang mempunyai hak pilih hingga Selasa (22/10) atau satu hari sebelum pengesahan datar pemilih tetap (DPT), tidak terdaftar sebagai pemilih. Dengan demikian mereka terancam tidak menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2014. 

‘’Hampir 60% atau 4,5 juta buruh migran yang ada di luar negeri terancam tidak bisa memilih karena KPU melalui PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) hanya mencatat 1,9 juta. Padahal ada 6,5 warga Indonesia yang tersebar di banyak negara,’’ kata Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah dalam diskusi ‘ Menuju Penetapan DPT’  di Kantor KPU Jakarta, Selasa (22/10).

Menurut Anis, sebanyak 6,5 juta WNI yang tercatat di datanya diperoleh dari data dinamis yaitu data penempatan tenaga kerja Indonesia, data pengiriman uang dan data kasus yang didokumentasikan Migrant Care termasuk legalisasi di berbagai Kedutaan Besar RI.

Meski KPU sudah menaikkan jumlah pemilih  luar negeri, dari daftar pemilih sementara luar negeri (DPSLN) sebanyak 1,9 juta menjadi 2,1 juta pada daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), menurut Anis, masih banyak warga yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap luar negeri (DPTLN).

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah meminta Migrant Care memberikan data lengkap WNI yang belum terdaftar itu agar nama mereka dapat dicatat dan ditelusuri oleh PPLN. [PNo250]
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved