KPU Buka Daftar Pemilih Khusus INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » KPU Buka Daftar Pemilih Khusus

KPU Buka Daftar Pemilih Khusus

Ditulis Oleh redaksi Rabu, 23 Oktober 2013 | 19.51

Ilustrasi Pemilu 2014 
JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2014 belum kunjung beres. Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan memutuskan DPT hari ini (23/10), KPU tetap memfasilitasi warga yang belum tercatat dalam DPT ke dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Ketua KPU Husni Kamil Malik mengemukakan itu di Jakarta Selasa (22/10). Dia mengemukakan itu menanggapi permintaan sejumlah partai politik agar KPU memberi kesempatan bagi partai untuk memperbaiki DPT. Namun DPT yang ditetapkan KPU hari ini tidak akan diperbaiki.

Berdasarkan UU No.8/2012 tentang Pemilu Legislatif, katanya, KPU hanya menampung pemilih yang tidak terdaftar di DPT ke dalam DPK.

“Jadi masih ada ruang untuk pemilih yang belum terdaftar bisa dimasukkan ke DPK. Mereka yang tidak lagi berdomisili di daerah masing-masing difasilitasi dalam daftar pemilih tambahan,” katanya lagi.

Sebelumnya Ketua Bappilu PPP Fernita Darwis mengatakan daftar pemilih yang ditetapkan menjadi DPT mengandung beberapa masalah. Ada 466.101 atau 0,25% dari total pemilih yang tidak jelas tanggal lahir sehingga diragukan hak pilih mereka. Juga status perkawinan yang tidak dicantumkan sebesar 104.585 atau 0,06%.


Ketua DPP PDIP Trimedya Panjaitan mengakui hampir semua peserta pemilu menyatakan DPT lebih banyak terkendala di daerah. ‘’Kami melihat ada pemilih siluman sekitar 3 - 4 juta orang. Ada yang sudah meninggal serta anak-anak  terdaftar sebagai pemilih,’’ kata Trimedya lagi. [PNo250]
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved