Komisi II DPR RI Masih Tolak MoU KPU - Lemsaneg INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Komisi II DPR RI Masih Tolak MoU KPU - Lemsaneg

Komisi II DPR RI Masih Tolak MoU KPU - Lemsaneg

Ditulis Oleh redaksi Kamis, 17 Oktober 2013 | 15.42

JAKARTA - INDEPNEWS.Com : Rapat dengar pendapat Komisi II DPR membahas kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) menemui jalan buntu. Pasalnya, semua fraksi di Komisi II DPR masih mengkhawatirkan adanya kepentingan tertentu di balik kerja sama KPU-Lemsaneg itu.

"Pandangan beberapa fraksi mengatakan kerja sama ini ditakutkan benar-benar menjadi alat bantu dan menjadi alat propaganda parpol, serta memberi keuntungan pada salah satu parpol partisipan. Ini sikap semua fraksi," jelas Arif Wibowo, Ketua Komisi II DPRI R di Gedung Parlemen (17/10).

Anggota Komisi II Fraksi PKS, Gamari Sutrisno mengatakan KPU sudah bekerja sama dengan lembaga-lembaga IT dari Kominfo, UI, UGM dan ITB, tetapi masih ingin mengikutsertakan Lemsaneg untuk membangun sistem IT.

"Lemsaneg adalah lembaga yang memiliki tupoksi mengamankan data yang bersifat sangat rahasia. Sedangkan data-data KPU bersifat harus mudah diakses publik. Di sini  ada pertentangan," ujarnya.

Anggota Komisi II Fraksi PKB, Abdul Malik Haramain mengatakan fraksinya masih perlu mengkritisi, menggali, serta mengkaji apakah memang perlu keterlibatan Lemsaneg untuk pengamanan suara.

"Belum bisa disimpulkan. PKB tetap mau melihat sistem yang ditawarkan Lemsaneg," kata Malik. Sedangkan Fraksi PDIP tetap menolak kerja sama KPU dan Lemsaneg. "Gak usah diulang-ulang. Pandangan PDI sampai saat ini masih menolak," ujar Arif.

Soal MoU antara KPU dan Lemsaneg itu akan dibawa dalam rapat lanjutan pada Kamis (24/10) dalam rapat  lintas komisi, antara Komisi II dan Komisi I DPR.

"Kita akan mengadakan rapat gabungan dengan komisi I yang dihadiri oleh KPU, Bawaslu, Lemsaneg dan Kemendagri pada Tanggal 24 Oktober," tandas Ketua Komisi II Arief Wibowo­­­­­­. (PNo250)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved