Jusuf Kalla Minta MUI Kaji Pembayaran DAM Haji INDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , » Jusuf Kalla Minta MUI Kaji Pembayaran DAM Haji

Jusuf Kalla Minta MUI Kaji Pembayaran DAM Haji

Ditulis Oleh redaksi Minggu, 20 Oktober 2013 | 16.36

Jusuf Kalla (kanan) berbincang dengan Menteri Agama Suryadarma Ali (tengah) dan Menteri Perumahan Rakyat Djan Farid (kiri) didepan halaman Masjidil Haram usai melaksanakan Tawaf Wada’ sebelum meninggalkan Kota Makkah setelah menyelesaikan rangkaian Ibadah Haji [HA] 
MEKKAH - INDEPNEWS.Com : Ketua Dewan Mesjid Indonesia, M. Jusuf Kalla, meminta Majelis Ulama Indonesia MUI, mengkaji kemungkinan pembayaran DAM bagi jamaah haji Indonesia yang biasanya dilakukan pada saat jamaah haji Indonesia berada di Mekkah atau Mina dibayar di Indonesia dan dimanfaatkan bagi warga Indonesia yang kurang mampu.

"Selama ini jamaah haji kita membayar DAM atau berkurban saat berada di Tanah Suci Mekkah. Padahal bukan tidak mungkin dilakukan di tanah air. Sebab salah satu esensi dari penyaluran Qurban adalah untuk orang miskin. Sementara di Indonesia juga masih banyak penduduk kita yang membutuhkan," kata JK.

"Kalau DAM serta penyalurannya dilakukan di Saudi Arabia di sana orang lebih sejahtera, dan kalau dikirim ke Afrika belum tentu efektif," kata JK. "Jadi apa salahnya, dibayarkan di Indonesia dan disalurkan kepada yang berhak menerimanya di Indonesia," kata JK.

Mantan Wakil Presiden RI, M. Jusuf Kalla, mengingatkan bahwa, nilai DAM yang dibayarkan jamaah haji Indonesia setiap tahun bisa mencapai 300 miliar rupiah. "Misalnya nilai pembayaran DAM sebesar 1,5 juta/orang, maka dengan jamaah haji 200 ribu orang, maka total uang yang kita sumbangan mencapai 300 miliar," urai JK.

"Karena itu saya minta Majelis Ulama Indonesia, mengkaji kemungkinan pembayaran DAM dilakukan dan disalurkan di tanah air, bukan lagi di Tanah Suci," kata JK.

JK sendiri tahun ini memutuskan membayar DAM di tanah air. JK juga meminta rekan rekannya dan kerabatnya yang tengah menunaikan ibadah haji agar membayar di Indonesia. "Saya bayar DAM di Indonesia. Kalian juga bayar DAM di Indonesia saja. Saya bertanggungjawab,"tegas JK kepada teman dan kerabatnya yang menunaikan ibadah haji. [HA] 
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

Cari Blog Ini

 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved