Obyek Wisata Rowo Jombor dan Deles Indah Andalan Wisata LebaranINDEPNEWS.Com
Headlines News :
Home » , , » Obyek Wisata Rowo Jombor dan Deles Indah Andalan Wisata Lebaran

Obyek Wisata Rowo Jombor dan Deles Indah Andalan Wisata Lebaran

Ditulis Oleh redaksi Jumat, 24 Agustus 2012 | 09.36

Obyek Wisata Rawa Jombor dengan Getheknya (Foto : Sumanto) 

KLATEN-INDEPNews; Tradisi unik menyambut hari raya Lebaran dan Pasca Lebaran masyarakat Kabupaten Klaten yang pernah diuri-uri selama ratusan tahun tampaknya belakangan ini telah mulai bergeser menjadi wisata lebaran. Kalau pada tahun 70-an pasar malam diselenggarakan di alun-alun Kota Klaten, namun sejak beberapa tahun yang lalu tradisi ini di pusatkan di Munumen Juang dan halaman GOR Gelarsena, Jonggrangan Klaten Utara. Termasuk juga tradisi “sebar ketupat” pada puncak Bakda Syawalan yang dulunya dipusatkan disekitar lokasi Sendang Bulus Jimbung, Desa Jimbung Kecamatan Kalikotes, tetapi digeser di Bukit Sidhoguro, Krakitan, Bayat.

Pada tahun 80-an silam, masyarakat Klaten khususnya yang bermukim di dua desa dan dua kecamatan (Desa Krakitan, Kecamatan Bayat dan Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes) masih memegang teguh tradisi sebar ketupat yang konon diyakini ‘Ngalap Berkah’ dari para leluhurnya atau para pendahulunya di lokasi sendang, namun sejak beberapa tahun lalu di dipindahkan ke Bukit Sidhoguro, tak jauh dari Rowo Jombor. “Upacara tradisi Syawalan tahun ini akan diselenggarakan di Bukit Sidhoguro,” ungkap Bambang S, seorang tokoh masyarakat Desa Krakitan, Kamis (23/8).

Tradisi syawalan atau dikenal kupatan di Klaten yang biasa diadakan setahun sekali di sekitar Sendang Jimbung Desa Jimbung, sudah beberapa tahun ini diselenggarakan di lokasi Bukit sidhoguro. Untuk meramaikan suasana perayaan, sebelum acara dimulai makanan khas (ketupat) hari raya syawalan itu dikirab menuju Kupel Jombor yang terletak di Bukit Sidhoguro, dengan prosesi kirab yang melibatkan sekitar 100 personil, termasuk perangkat desa dari dua desa tersebut.

Prosesi kirab akan seatraktif mungkin dan diramaikan berbagai pertunjukkan seperti tari-trian tradisional, dan yang lain, guna menghibur para pengunjung dan warga Kabupaten Klaten yang ingin menikmati pekan syawalan pada pasca Lebaran di Rawa Jombor dan Bulus Jimbungnya.

Dalam merayakan hari Raya Lebaran dan Syawalan Pemkab Klaten dalam hal ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten tetap bertekad untuk menggelar berbagai keramaian di obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Klaten.

Sebab, tak pelak lagi, pasca lebaran dengan kebisingan di perkotaan bisa menggiring orang-orang di kota itu untuk memburu obyek-obyek wisata di daerah pegunungan maupun daerah pinggiran kota yang menyimpan dan menyuguhkan udara jernih dan nyaman terbebas dari suara bising dan polusi.

Sehingga tak mengherankan bila Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri yang sering dikenal sebagai hari kemenangan, setelah melakukan puasa dan membayar zakat. Barangkali karena kemenangannya itu,  lalu dipandang perlu untuk merayakannya. Itulah sebabnya, menjelang hari-hari tersebut dijadikan untuk mengungkapkan rasa kegembiraannya.

Salah satu di antaranya melalui acara-acara wisata. Sehingga obyek-obyek wisata menjadi lautan manusia. Tentu peristiwa penting tersebut bagi pengelola obyek wista tidak dibiarkan begitu saja. Maka jauh sebelumnya mereka disibukkan dengan berbenah diri, memeprindah ataupun menyiapkan dengan paket-paket pendukungnya.

Demikian juga bagi Dinas Pariwisata (Disparta) Pemkab Klaten, masa-masa Lebaran adalah kesempatan untuk meraup rupiah, sebagai pemasukan pendapatan daerahnya. Karena itu paket-paket pendukung seperti atraksi seni baik yang tradisional maupun yang modern digelarnya. Ini tak lain bermaksud, utnuk menarik ratusan pengunjung.

Adapun obyek-obyek wisata antara lain, obyek wisata Deles Indah yang berada di lereng Merapi Kecamatan Kemalang, obyek Rowo Jombor, di Krakitan, Bayat,  Museum Gula Jateng, Makam KA Gribig, Makam Ronggowarsito, Makam Pandanarang, Media Center dengan pelayanan internet gratis, faksimal dan gelar pasar maleman di Kota Klaten.

“Berwisata di Klaten para pengunjung bisa memilih, silahkan para pengunjung memilih tempat wisata sambut lebaran tahun ini di obyek pegunungan Deles Indah, atau menikmati hiburan di obyek wisata yang lainnya,” ungkap Kepala Disbudparpora Klaten, Drs. Sugeng Haryanto. (Sumanto)
Bagikan Berita :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BERITA POPULER

PEMILIHAN PRESIDEN 2014

Translate

Pijat Refleksi & Kebugaran

Pijat Refleksi & Kebugaran
 


Copyright © 2011. INDEPNEWS.Com - All Rights Reserved